Article Update :

Pengertian Artikel menurut para ahli

Friday, February 8, 2013



sumber : google

Artikel yang sering disebut-sebut dalam pembuatan tugas kuliah memang terasa mengesankan saat menulisnya. Namun terlebih dahulu kita harus tahu apa pengertian artikel yang sebenarnya. Pengertian artikel menurut para ahli adalah “sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing satu disiplin ilmu dan setiap pembahasan diselesaikan dengan tuntas. Maksudnya, pada satu pokok judul/pembahasan penjabaran artikel tersebut harus lugas, padat dan jelas. Sehingga para pembaca langsung mengerti apa maksud dari sebuah tulisan artikel tersebut” (Al-‘Aqli)

Teknik penulisan artikel juga bermacam-macam. Tergantung kepada disiplin ilmunya dan penulisnya. Biasanya penulis menggunakan teknik deduktif – induktif. Dengan kata lain intisarinya terletak pada paragraph penutup.

Sebenarnya sangat banyak pengertian artikel menurut berbagai macam sumber. Antara lain :

Pengertian artikel menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Artikel adalah karya tulis lengkap di majalah atau surat kabar. Artikel dalam surat kabar biasanya membahas suatu hal secara terperinci. (anymous)

Artikel adalah tulisan pendek yang berisi tentang segala hal seperti pengetahuan, pendidikan, komputer, bisnis dan sebagainya (anymous)

Artikel adalah salah satu bentuk tulisan nonfiksi berisi fakta dan data yang disertai sedikit analisis dan opini penulisnya (anymous)

Setelah kita tahu apa pengertian artikel menurut para ahli, tentu saja kita ingin langsung memperaktekkannya bukan? Namun bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar itu? Saya akan menuliskan tahapan-tahapan agar artikel kita layak disebut artikel yang berkelas.

1. Tentukan tema dan buat garis besar tulisan
2. runcingkan permasalahan dalam tema yang akan anda tulis misalnya anda mengambil tema tentang musik maka runcingkan menjadi Perkembangan musik indonesia
3. buat garis tulisan, misal dalam tema Perkembangan musik indonesia apa saja yang akan ada dalam tulisan anda >> Musik = Tokoh musik, musisi, genre musik, pembajakan CD dan lagu, kualitas penyanyi tahun ini, peran media
4. setelah itu buatlah tulisan yang tegas dan memiliki skema, misalnya paragraf pertama tulislah definis musik kemudan paragraf kedua tulislah awal musik masuk di indonesai dan paragraf ketiga semakin runcing mendekati pokok pembahasan.
5. buatlah tulisan yang logis atau bisa dipikir dengan logika
6. Cermat lah dalam menyusun kata dan kalimat agar tulisan anda semakin ;lama semakin menarik untuk dibaca dan tidak membosankan pada paragraf awal.
7. Buatlah alur tulisan yang komunikatif dengan demikian maksud dalam tulisan anda akan mudah dipahami

Sebagai batasan. Biasanya artikel ditulis oleh masing-masing ilmuan yang kompeten dibidangnya. Misalnya anda kuliah di FKIP atau keguruan maka bahaslah artikel tentang pendidikan begitu juga bila anda berada di ekonomi maka tulislah artikel yang berkenaan dengan ekonomi pula. Boleh saja sebenarnya jika artikel yang kita tulis tidak sesuai bidang kita. Namun otomatis artikel kita akan kurang menggigit. Maka kembangkanlah potensi yang anda miliki. 

untuk melihat sumber rezeki kami klik link ini

Demikianlah pengertian artikel menurut para ahli dan menurut beberapa sumber lainnya. Sekaligus telah kita pelajari mekanisme dalam penulisan artikel. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. silahkan lihat artikel saya yang tidak seberapa ini
Share this Article on :

1 comments:

Try Out Online said...

Terimakasih atas infonya gan .. :)

Ayo Cepet Gabung di gameforsmart... !!!
Aplikasi pembelajaran secara online. Cara pendaftarannya sangat mudah tanpa di pungut biaya apapun alias Gratiss loooo ...!! :D
Monggo segera di buka websitenya www.gameforsmart.com

Post a Comment

 

© Copyright Muhammad Irfan Redha 2012 -2013 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.