Article Update :

Contoh Motivasi : Pertahankan karaktermu

Friday, February 1, 2013


Contoh Motivasi : Setiap penyanyi Indonesian idol memiliki karakter masing-masing. Ihsan idol memiliki suara parau basahnya. Si kriting idol yang roker memiliki karakter suara yang melengking. Aa gym, memiliki suara yang lembut saat bernyanyi. Jefri albukhari memiliki suara serak yang becek dan tinggi saat menyanyi. Dan banyak sederatan penyanyi yang suaranya itu mencerminkan apa dan siapa dirinya.

Begitu pula sifat dan watak pribadi setiap orang. Pernahkah anda mengetahui umar sahabat rasulullah? Seorang sahabat rasul yang sangat keras perangainya. Berani secara terang-terangan menebas leher orang yang tidak sepakat dengan alur berfikirnya. Namun betapapun keras sifatnya, ia luluh saat mendengar anaknya membaca surat Alqur’an. Dan ia membenarkan islam itu satu-satunya agama yang diridoi oleh Allah SWT. Namun setelah ia masuk kedalam islam, justru ia tidak melepaskan karakternya yang terkenal dengan kebengisannya dan keberaniannya. Malah dengan keberanian yang diberikan Allah kepadanya, ia mengumumkan agama islam di perkumpulan orang banyak. Padahal dimasa itu belum ada orang lain, pengikut rasulullah yang berani mendakwahkan islam secara terang-terangan. Walaupun pada saat itu ia dilempari dengan bebatuan oleh warga. Namun tidak sedikitpun menepis semangatnya untuk berdakwah. Ia tetap istiqomah. Bayangkan sekarang, siapa yang berani mengemukakan keberanian seperti yang dicontohkan oleh sahabat rasulullah ini?

Beruntunglah kita yang masih diberikan keunikan sejak kita lahir dimuka bumi ini. Marilah kita lihat ciptaan Allah, sekembar apapun manusia itu, karakternya tidaklah sama. Semirip apapun hidung dan matanya, karakter mereka pasti berbeda. Oleh sebab itu, mengapa kita meniru-niru orang lain? Tidakkah kita bersyukur dengan karakter unik yang kita miliki? Saat kita meniru orang lain, baik itu cara berjalannya, cara ia berbicara bahkan ada yang sampai mengoperasi kulitnya agar menyerupai orang yang difavoritkannya. Sungguh sangat merugilah orang itu. Mereka tidak bersyukur kepada sang Pencipta akan keistimewaan alami yang ia miliki.

Marilah sama-sama kita ketahui apa cirri khas kita pribadi. Agar kita tahu apa yang mesti kita optimalkan dalam kehidupan kita. Mungkin saja karakter kita lembut, maka kita cocok dalam mendakwahkan islam dengan lembut. Tidak tertutup kemungkinan juga bagi orang yang tegas dan keras. Ia bisa berdakwah ditempat-tempat yang memungkinkan untuk dikerasi cara penyampaiannya. Seperti dipenjara maupun di gedung DPR.

Akhirnya, marilah sama-sama kita pupuk dan tumbuh kembangkan kemampuan yang kita miliki. Bersyukurlah kepada Allah yang telah menciptakan kita berbeda dengan orang lain. Karakter yang keras, lembut, dan arif. Itu adalah given dari Allah. Tergantung kitanya sebagai manusia, kemana kita harus membawa cirri khas kita tersebut. Kekiri atau kekanankah? Wallahu’alam.
demikianlah contoh motivasi dalam kehidupan sehari-hari
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Muhammad Irfan Redha 2012 -2013 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.