Article Update :

Bagaimana memulai suatu pergerakan?

Sunday, February 17, 2013

“kamu bilang kamu ingin melakukan perubahan
Baiklah, kamu tahu
Kita semua ingin merubah dunia” -the beatles


Banyak para aktifis yang menanyakan serupa dengan judul kita diatas. Bagaimana memulai suatu gerakan atau how to start a movement. Baiklah saya akan menjelaskan dan membeberkan rahasia untuk memulainya sesuai dengan kapasistas yang saya miliki.

Sebenarnya banyak versi yang berbeda dalam memulai suatu pergerakan ini. Gerakan atau yang sering disebut aksi nyata adalah suatu usaha agar yang kita cita-citakan bisa tercapai dengan baik. Perlu digaris bawahi, pergerakan itu intinya melakukan perubahan. Namun apakah cara teman-teman kita sehari-hari sudah pas dalam melakukan pergerakan? Sekali lagi, penulis katakan bahasan ini sangat berat, marilah sama-sama kita kembalikan lagi kepada niat kita agar tidak terkotori niat-niat buruk.

Baiklah, langsung saja kita paparkan.

11.   Ketahuilah pergerakanmu
Sebelum kita melakukan perubahan tentu saja kita harus tahu apa yang ingin kita rubah. “hai teman-teman mari kita lakukan perubahan!” apakah kita hanya mengajak teman kita untuk berubah sedangkan kita tidak tahu apa yang ingin kita rubah? Lucu bukan? Maka dari itu kita rumuskan dulu apa poin yang ingin kita rubah setelah itu baru kita lakukan langkah yang berikutnya.

22     Pelajarilah ilmu dari apa yang ingin kamu ubah
Setelah kita ketahui apa yang ingin kita ubah, maka hal kedua yang mesti kita lakukan adalah research atau meneliti. Maksudnya, kita mempelajari apa yang ingin kita ubah tadi. Contohnya seperti kita membaca buku, membaca Koran yang berkenaan dengan isu perubahan itu, atau mencari informasi itu sendiri di internet. Agar pada tahap selanjutnya kita tidak gagok dalam menjalankan pergerakan itu.

33.     Buatlah hal itu menjadi popular
Maksud dalam tahapan ini adalah, mari kita buat isu pergerakan yang kita bangun itu menjadi popular dimata masyarkat. Contohnya kita ingin melakukan pergerakan anti valentine’s day. Maka kita harus menyebar isu-isu yang berkenaan valentine itu kepada kerabat kita maupun masyarakat luas. Hal ini bisa kita lakukan dengan menggunakan social media yang kita punya. Seperti facebook, twitter, linkden, atau mengirim email kepada teman-teman kita.

44.     Menghimpun pasukan
Nah, pada tahap ini mungkin kita agak sulit bergerak jika kita tidak punya pasukan. Namun janganlah itu menjadi suatu pengahalang bagi kita untuk melakukan perubahan. Jika kita sedang kuliah pasukan kita yang sebenarnya adalah teman-teman sekelas kita. Jika kita berorganisasi sudah barang tentu pasukan kita teman-teman yang satu organisasi dengan kita. Namun jika kita telah berkeluarga, maka siapa yang menjadi pasukan kita? Bisa saja dengan menggunakan jasa karyawan kita yang sedang bekerja pada perusahaan kita atau sahabat-sahabat yang dulunya aktif melakukan kegiatan dengan kita. Namun jika kita masih sekolah maka hal ini lebih mudah. Dengan menghubungi teman-teman kita satu lokal maka hal itu sudah cukup bagi kita. Tergantung kepada pergerakan apa yang ingin kita lakukan?

55.     Lakukan FGD
Ya, FGD atau Fokus group discussion merupakan suatu wadah dimana kita dapat menyebarkan atau membagi ide pergerakan kita. Bisa saja kita lakukan diskusi ini dengan pasukan kita tadi. Agar isu atau pergerakan yang kita bangun dapat tersebar luas dan bisa lebih faham akan apa yang ingin kita lakukan. Dengan adanya FGD ini maka kita pasukan kita dapat mengerti dengan apa yang kita maksudkan selain itu dapat juga wahana pematangan topic yang kita diskusikan.


66.     Mendeteksi arah isu
Setelah kita melakukan FGD maka kita harus melakukan pendeteksian isu dikalangan masyarakat. Apakah masyarkaat juga pro dengan apa yang kita bangun ataukan kontra? Itu bukan menjadi penghalang bagi kita karena kita dapat mempengaruhi masyarakat dengan pendekatan personal atau fardiyah. Dengan adanya pendekatan personal pihak-pihak yang kontra kiranya dapat menjadi pro dengan isu yang kita bangun. Itulah sebabnya mengapa kita perlu melakukan FGD. Karena dengan adanya FGD maka kita akan menjadi faham apa yang ingin kita gerakkan dan kita pribadi telah memiliki modal untuk mengisukannya kepada masyarkat sekitarnya.


77.     Lakukan dengan santai
Setelah kita tahu apakah warga atau masyarakat tahu tentang hal itu ataukah kontra dengan isu yang kita bangun, maka selanjutnya adalah action. Ya, aksi yang nyata. Contohnya seperti kita melakukan aksi di persimpangan-persimpangan atau menempel-menempel poster untuk menolak hari valentine. Dan yang paling penting adalah, kesemuanya perbuatan itu harus dilakukan dengan santai. Jangan tergesa-gesa karena dapat berakibat fatal bagi pasukan kita maupun diri kita sendiri. 

Begitulah tahapan yang dapat kita lakukan untuk melakukan perubahan. Tahap demi tahap kita lakukan dengan enerjik dan didasari dengan niat yang tulus. Karena tugas kita dibumi ini adalah untuk mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Sedangkan hidayah itu dari Allah SWT. Yang menggerakkan hati mereka adalah tuhan yang maha esa. Kita hanya bisa memberi peringatan kepadanya. Dan karena kita sayang kepada umat ini maka dari itu kita memberikan peringatan kepada saudara-saudara kita. Ana uhibbukum fillah …
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Muhammad Irfan Redha 2012 -2013 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.