Article Update :

Rubah Dahulu Mood Mereka

Wednesday, May 14, 2014


Mendidik bukan sekedar mengajar, melainkan mendidik itu mencurahkan segenap hati kepada anak didik agar mereka berkembang sesuai yang kita citakan. Mendidik bukan hanya melalui pendidikan formal, bisa juga melalui aktifitas nonformal, seperti berceritra, mendongeng, bermain, maupun aktifitas lain.

Namun ada kalanya mendidik itu tidak semudah apa yang telah kita rencanakan. Terlebih kondisi yang tidak memungkinkan ataupun situasi hati sang anak sedang tidak mood. Bisa saja diawali dengan kondisi anak yang kurang sehat, maupun sedang asyiknya bermain sehingga lupa akan waktu belajar. Kondisi tersebut menuntut sang pendidik agar lebih kreatif dalam memainkan perannya sebagai pendidik yang professional. Jangan harap anak didik dapat menyerap pelajaran ketika mood mereka tidak bagus, atau saat anda ajar, wajah mereka senantiasa cemberut. Hal yang pertama sekali yang perlu anda lakukan adalah merubah moodnya.

Mengubah Mood seorang anak didik itu sungguh hal yang menyenangkan. Sebelum mendidik yang pertama sekali harus dilakukan adalah merubah mood nya. Setelah mood nya bagus maka coba sesekali jewer kupingnya, jika ia tertawa maka anda telah berhasil hari itu mendidiknya. Tentunya dengan syarat-syarat lain yang telah anda rencanakan.

Tulisan ini sengaja saya tulis menggantung, agar anda dapat berkreasi dalam hal mendidik. Karena setiap jiwa maupun psikologis anak-anak itu berbeda. Bisa saja sesuai dengan tempat, waktu maupun kondisi personal keluarganya. Maka didiklah mereka dengan hati.

(disadur lewat pengalaman malam ini 13 mei 2014, tentunya menjewer dengan bercanda)
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Muhammad Irfan Redha 2012 -2013 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.