======brand awarenes=======membangun brand========
Talenta yang tersedia – Seberapa hebat tim yang anda miliki sekarang?
Sumber daya developer yang kuat – anda memiliki tim teknologi yang siap dan bisa membuat perubahan pada situs anda untuk mendukung tujuan marketing anda
Sumber daya kreatif yang kuat – anda memiliki penulis/artist/brainstormer yang hebat
Sumber daya “search marketing” yang kuat – anda memiliki tim search marketing yang siap berjuang di hasil pencarian search engine. Sumber daya “social” yang kuat – anda memiliki tim dengan network yang luas
buat video iklan kemeja sanderking
Untuk menjadi brand yang bisa bertahan di tengah persaingan pasar, jangan tawarkan diferensiasi (lebih cepat, lebih murah, lebih sederhana, lebih simple), tapi tawarkan kekhasan. Jadilah brand yang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh brand lainnya.
Branding itu terbagi tiga tahap, yaitu building, growing, dan nurture.
Jadi jual lah reason to buy, bukan reason to believe.
===========
bisnis terdiri dari lima komponen dasar,
1. Produk/layanan
2. Audience sekelompok orang yang menjadi target dari produk anda.
3. Network,
4. Know-How, yaitu kemampuan untuk menghasilkan ide dalam membangun produk agar bisnis anda bisa berjalan dan terus meningkatkan kinerjanya.
5. Dan yang paling penting adalah Trust.
============= Ada delapan elemen yang perlu anda perhatikan dalam membangun brand
1. History
2. Regulatory == Peraturan juga mempengaruhi jalannya suatu brand.
3. Business Portofolio
4. Market Dynamic
===============
masihkah anda yakin untuk membangun bisnis, bukan membangun brand? Karena jika anda hanya membangun bisnis, suatu saat bisnis anda bisa dilindas oleh pesaing, hal ini berbeda dengan brand, apabila anda bisa membangun brand dengan benar, anda bisa memperluas portofolio bisnis anda sebanyak mungkin yang memungkinkan anda untuk memiliki banyak bisnis agar bisa bertahan melawan banyak kompetisi yang ada. Itulah pentingnya membangun brand dengan benar karena ini sangat berdampak pada kelangsungan bisnis anda dalam jangka panjang.
Brand : apple ==>> produk-produk inovatif seperti iPhone, Mac, dan iPad.
==========
Dalam membangun visi brand, ada beberapa elemen yang anda harus penuhi, yaitu:
1. What Are You?
Ini pertanyaan tentang jenis bisnis yang anda jalankan.
2. What Market Do You Compete In?
Anda mau bersaing di pasar yang mana? Anda harus mempunyai rincian jelas tentang hal ini agar anda bisa merencanakannya dalam beberapa tahun ke depan.
3. Who Do You Want To Serve?
Siapa customer yang anda ingin layani.
4. How Far Do You Want To Go?
Seberapa jauh anda ingin terus menjalankan bisnis ini. Apakah anda hanya ingin masuk ke pasar lokal saja atau mungkin anda ingin terus bersaing hingga pasar global dan terus menjalankan bisnis ini hingga 20 tahun lamanya. Tentu anda harus mempunyai rencana yang sangat jelas untuk mengatasi hal ini.
5. What Purpose Do You Serve By Offering The brand?
Ini adalah pertanyaan yang paling susah dijawab. Apa yang ingin anda lakukan pada orang lain melalui brand anda? Apa yang ingin anda tawarkan kepada konsumen anda? Value apa yang anda tawarkan pada konsumen? Ini adalah elemen utama yang bisa menjadi pendongkrak bagi berkembangnya bisnis anda di masa depan. Apabila anda bisa menjawab pertanyaan ini, maka bisnis anda pasti akan melonjak tajam karena anda bisa memberikan suatu value kepada siapapun orang yang menggunakan produk anda dan mereka merasa bahwa brand anda memberikan manfaat baik pada hidup mereka. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang harus dijawab bagi perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, HP, Microsoft, dll karena empat pertanyaan di awal sudah mereka atasi dengan sangat jelas.
===========
==========
Dalam membangun visi brand, ada beberapa elemen yang anda harus penuhi, yaitu:
1. What Are You?
Ini pertanyaan tentang jenis bisnis yang anda jalankan.
2. What Market Do You Compete In?
Anda mau bersaing di pasar yang mana? Anda harus mempunyai rincian jelas tentang hal ini agar anda bisa merencanakannya dalam beberapa tahun ke depan.
3. Who Do You Want To Serve?
Siapa customer yang anda ingin layani.
4. How Far Do You Want To Go?
Seberapa jauh anda ingin terus menjalankan bisnis ini. Apakah anda hanya ingin masuk ke pasar lokal saja atau mungkin anda ingin terus bersaing hingga pasar global dan terus menjalankan bisnis ini hingga 20 tahun lamanya. Tentu anda harus mempunyai rencana yang sangat jelas untuk mengatasi hal ini.
5. What Purpose Do You Serve By Offering The brand?
Ini adalah pertanyaan yang paling susah dijawab. Apa yang ingin anda lakukan pada orang lain melalui brand anda? Apa yang ingin anda tawarkan kepada konsumen anda? Value apa yang anda tawarkan pada konsumen? Ini adalah elemen utama yang bisa menjadi pendongkrak bagi berkembangnya bisnis anda di masa depan. Apabila anda bisa menjawab pertanyaan ini, maka bisnis anda pasti akan melonjak tajam karena anda bisa memberikan suatu value kepada siapapun orang yang menggunakan produk anda dan mereka merasa bahwa brand anda memberikan manfaat baik pada hidup mereka. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang harus dijawab bagi perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, HP, Microsoft, dll karena empat pertanyaan di awal sudah mereka atasi dengan sangat jelas.
===========
0 comments:
Post a Comment