Article Update :

Cara Berbicara Didepan Umum

Monday, August 26, 2013


Acap kali kita abaikan masalah yang seharusnya tidak kita anggap sepele ini, yaitu teknik berbicara didepan umum. Sehingga saat kita diminta untuk berbicara, kita masih sangat gagok didepan umum untuk membicarakan apa yang sudah bersarang dibenak kita. Namun terkadang yang terjadi dilapangan yaitu kendala teknis, (softskil dalam memanajemen kata-kata yang ingin kita utarakan).

Baiklah, untuk mengatasi kekhawatiran kita untuk terjun langsung saat berbicara depan umum, mari kita simak terlebih dahulu tips-tips berikut. Berikut ada delapan (8) Hal yang harus dimiliki ketika berbicara didepan Umum,

1.   Pandanglah sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Mari kita sebagai pembicara Out of the Box dari pada pendengar, namun tidak lepas dari tema yang kita bawakan. Akan lebih menarik bagi orang yang mendengar jika anda mengemukakan sesuatu dari sudut pandang yang lain. Tetapi tidak keluar dari maksud sebenarnya. Agar pertanyaan anda membantu sang pembicara untuk meluaskan pembicaraannya juga.

2.   Perluaslah cakrawala. Orang yang mempunyai cakrawala luas akan mudah berbicara tentang suatu hal, karena ia telah mengetahui dasar dari apa yang ia katakan. Disisi lain, ilmu kita akan bertambah dan menjadikan kita banyak berinteraksi dengan sekeliling kita.

3.   Antusiaslah. Dengan apa yang anda bicarakan. Saat anda tertarik dengan apa yang anda bicarakan otomatis orang akan tertarik. Dengan kata lain, saat anda berbicara sesuatu dan anda juga merasa merinding membicarakan itu, setidaknya orang lain juga merasakan seperti apa yang anda rasakan.

4.   Jangan hanya membicarakan diri sendiri. Terkadang seorang pembicara hanya membicarakan masalah dirinya saja, tanpa membagi kisah orang lain. Disatu sisi ini baik namun disisi yang lain malah membuat topic pembicaraan kita menjadi sempit. Cobalah memulai dengan membicarakan orang lain lalu bicarakan diri anda. Agar surprise nya kelihatan.

5.   Pembicara yang baik selalu ingin tahu tenatang segala hal. Ada yang  tidak sepakat dengan hal ini? Mungkin anda sekalian sepakat. Dikarenakan setiap pembicara itu pasti mereka selalu ingin tahu tentang apa yang belum ada pada dirinya. Oleh sebab itu setiap pembicara yang ingin berbicara, mereka mencari segala macam info maupun buku yang berkenaan dengan apa yang ingin ia sampaikan.

6.   Tunjukkan Empati kepada pendengar. Nah ini sudah barang tentu, dan ini salah satu senjata ampuh sang pembicara untuk mempengaruhi sang audiensnya. Saat emosional pembicara dan para pendengar bisa bersatu, maka para pembicara akan mudah melanjutkan komunikasi kedepan bersama pendengar.

7.  Tunjukkan selera humor anda. Hal ini menjadi senjata ampuh saat pendengar sudah merasa bosan dan banyak-banyak bergerak, maupun saat pendengar sudah “mematung” agar suasana nya menjadi bersahabat dan tidak tegang. Karena setelah pendengar itu nyaman dengan anda, maka pembicara akan mudah mentransfer ilmu yang ingin ia sampaikan.

8.   Unsur Kunci lain saaat berbicara didepan umum adalah gaya berbicara. Gaya berbicara ini dibuat seolah-olah kita merasa nyaman dengan cara penyampaian itu. Jangan dibuat-buat sehingga kita sendiri yang akan kewalahan mengimbangi gaya berbicara kita dengan karakter yang kita munculkan. Pembicara merupakan sosok “artis” yang baru naik daun. Dimana setiap gerak gerik kita akan dipantau oleh peserta. Sedikit saja kita linglung, hal itu bisa saja membuat para audiens tidak merasa puas terhadap apa yang kita sampaikan.

[Dikutip dari buku larry king:
 seni berbicara kepada siapa saja,
kapan saja dan dimana saja]
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Muhammad Irfan Redha 2012 -2013 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.